Sukses

Gejala Putus Nikotin

17 Feb 2020, 13:24 WIB
Pria, 34 tahun.

Salam Dok, saya ingin bertanya... Sebelumnya saya sudah baca dibeberapa artikel yang ada di tanya dokter, cuma rasanya saya kurang puas jika tidak bertanya langsung. saya sudah berhenti merokok sekitar 1 bulan lebih, dan gejala" seperti resah, cemas, khawatir, mual bahkan sempat muntah, hidung tersumbat itu semua baru terjadi belakangan ini, di hari hari awal tidak ada gejala tsb, palingan berasa sakau aja.. kayak pengen garuk2 gitu, garuk kaki, tangan,leher dsb.. rasa cemas, khawatir, susah tidur, hidung tersumbat kayak susah napas, mual bahkan sempat muntah, itu baru terjadi belakangan ini.. apakah itu penyebab putus nikotin? atau ada indikasi lain? saya khawatir dok, jika gejala yang saya alami adalah gejala putus nikotin, apakah itu normal? apakah saya bisa sembuh?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Selamat siang Pak.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Berbagai gejala yang Anda sampaikan seperti adanya rasa resah, cemas, khawatir hingga mual memang bisa terjadi pada orang yang sedang berupaya untuk berhenti merokok. Sama seperti orang kecanduan, bisa saja ketika berhenti secara mendadak dapat mengalami "sakau". Bisa jadi yang Anda alami memang disebabkan oleh dampak berhenti merokok atau putus nikotin. Gejala tersebut seharusnya secara perlahan akan berangsur membaik. Namun jika keluhan dirasakan tidak membaik atau semakin berat, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter sehingga dapat diperiksa secara keseluruhan sehingga kemungkinan keluhan yang disebabkan oleh penyakit lain dapat disingkirkan.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter. Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut, dapat melalui fitur live chat dalam aplikasi KlikDokter.

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar