Sukses

Reaksi Alergi pada Kulit

17 Feb 2020, 13:07 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat sore dokter . Saya mempunyai teman mengalami gatal-gatal ditubuhnya kurang lebih satu bulanan. awalnya gatalnya dikaki seperti bisul lama" ditangan dan kakinya juga. gatalnya sendiri seperti kulit yang menggigil dan pasti gatalnya nanti membekas seperti koreng. sudah diperiksakan 3 kali tapi belum sembuh dok katanya sii alergi tapi belum tau alerginya. kira" gimana ya dok solusinya

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Selamat siang Bu.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kondisi yang dialami oleh teman Anda bisa disebabkan oleh alergi. Namun untuk memastikannya, sangat penting untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit dan kelamin sehingga dapat diperiksa secara langsung dan memperoleh terapi yang tepat. Umunnya reaksi alergi paling sering dipicu oleh makanan laut atau telur. Untuk sementara bisa dibatasi konsumsi makanan tersebut. Bila perlu, dapat dilakukan pemeriksaan alergi seperti patch test sehingga bisa diketahui zat yang dapat memicu reaksi alergi. Setelah diketahui zat penyebab alergi, sebaiknya menghindarinya sehingga reaksi alergi dapat dicegah. Jika reaksi alergi sudah muncul, dapat mengkonsumsi obat anti alergi.

Kondisi koreng pada kulit kemungkinan disebabkan oleh garukan pada kulit sehingga menimbulkan luka dan tidak jarang menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk menggaruk kulit pada saat gatal. Selain konsumsi obat, reaksi gatal juga dapat dialihkan dengan dikompres dingin.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan konsultasi Anda.

Baca Juga

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut, dapat melalui sesi live chat dalam aplikasi KlikDokter.

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar