Sukses

Sesak Napas di Tempat Ramai

12 Feb 2020, 10:14 WIB
Pria, 49 tahun.

Saya setiap hari pulang kerja naik busway. Dan kondisi penumpang didalam busway selalu penuh dan saya setiap hari selalu merasa sakit kepala dan mual seperti kekurangan oksigen saat berada didalam busway tersebut sehingga saya selalu merasa mual hingga ingin muntah. Apakah hal ini wajar Dok ? Ataukah saya tipe orang yang mudah kekurangan oksigen saat berada didalam kendaraan umum yg penuh sesak ? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar sesak napas melalui fitur Tanya Dokter. 

Sejak kapan Anda mengalami keluhan tersebut? Apakah sesak muncul hanya saat berada di keramaian? Atau adakah penyebab atau pencetus lainnya? Apakah Anda ada riwayat asma, penyakit jantung, atau alergi tertentu yang menyebabkan sesak napas? Kami memerlukan data tersebut untuk mengetahui kemungkinan penyebab pada kondisi Anda ini. 

Sesak nafas merupakan Perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas.

Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung)

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jariAdanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengiAdakah dari tanda dan gejala tersebut yang anda alami?

Penyebab kegawatdaruratan karena sesak napas dapat berupa :

Asma : batuk, mengiInfeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napasAlergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)Sakit jantung (disertai nyeri dada)Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahanSaat ini kami belum bisa memastikan penyebab keluhan sulit bernafas anda karena tidak melakukan pemeriksaan. Untuk itu sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat. Jika diperlukan, dokter dapat merujuk anda kepada spesialis terkait kecurigaan penyakit anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan. Anda juga dapat berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan dimana pun dengan men-download aplikasi KlikDokter melalui Play Store/Android: https://www.klikdokter.com/download

atau App Store https://app.adjust.com/n01yug7

 

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar