Sukses

Anemia Sebabkan Terlambat Haid?

10 Feb 2020, 01:52 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat malam dok... Dok saya lagi mengalami anemia, Saya sakit itu sekitar tgl 20 Januari dan dirawat juga. Terakhir saya haid itu sekitar akhir Desember, tapi sampai saat ini saya belum haid juga. Apakah itu berpengaruh sm penyakit anemia saya dok? Mohon jawabannya dok. Terima kasih

Halo Ibu, saya mengerti keluhan yang Anda rasakan.

Baik anemia maupun haid yang terlambat bisa dilatarbelakangi oleh penyakit yang sama, yang menimbulkan gangguan pada produksi atau masa hidup sel darah merah serta hambatan produksi hormon kewanitaan.

Secara umum, haid yang terlambat kerap terjadi pada penyakit-penyakit berikut yang juga menyebabkan anemia:

  • Penyakit yang bersifat kronis seperti kanker, tuberkulosis, HIV/AIDS, artritis rematoid, penyakit ginjal kronik, penyakit autoimun, serta penyakit yang menimbulkan peradangan kronis lainnya dapat menyebabkan anemia penyakit kronis.
  • Infeksi akut, obat-obatan serta paparan terhadap bahan kimia beracun dapat memicu anemia aplastik, dimana organ hati tidak dapat memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup. Jika tidak ditangani, dapat terjadi kegagalan organ hati, yang juga berpengaruh terhadap produksi hormon kewanitaan, khususnya estrogen.
  • Penyakit yang menyebabkan penghancuran sel darah merah lebih cepat daripada produksinya, seperti pada anemia hemolitik autoimun, anemia bulan sabit, atau talasemia. Penyakit-penyakit ini secara umum menimbulkan gangguan berbagai organ sehingga dapat memengaruhi pula produksi hormon kewanitaan.

Berikut ini kami sertakan beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya ya.   Anda dapat juga berkonsultasi dengan dokter melalui Aplikasi Klikdokter kapanpun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui Play Store/ Android. Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar