Sukses

Minyak Ikan Untuk Kulit

04 Feb 2020, 09:19 WIB
Pria, 17 tahun.

dok, apakah minyak ikan bermanfaat untuk kesehatan kulit? saya tadi mengoleskan minyak ikan ke kulit preputium, apakah berbahaya?

Terima kasih telah bertanya seputar minyak ikan dan kesehatan kulit melalui fitur Tanya Dokter. 

Secara sederhana, minyak ikan dapat diartikan sebagai minyak yang berasal dari ikan laut –seperti ikan kembung, salmon, dan tuna. Selain mengonsumsi ikan tersebut secara langsung, minyak ini juga bisa Anda temukan dalam bentuk suplemen.

Minyak ikan disebut-sebut bisa bikin kulit mulus adalah karena mengandung asam lemak omega-3. Nah, omega-3 ini dapat melindungi kulit dari dampak negatif sinar matahari, menjaga kulit tetap lembap, dan membantu mengatasi peradangan. Sehingga, jerawat dan kerutan pada kulit tidak akan muncul ke permukaan.

Namun demikian, untuk merasakan manfaat di atas, minyak ikan harus dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan. Pasalnya, sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa konsumsi minyak ikan berlebih dapat menyebabkan efek samping berupa nyeri perut dan diare.

Selain itu, minyak ini pun harus dikonsumsi dengan cara dimakan/diminun, daripada dioleskan langsung pada kulit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat berkonsultasi melalui fitur LIveChat di Aplikasi KlikDokter. Terima kasih.

 

0 Komentar

Belum ada komentar