Sukses

Batuk Disertai Darah

03 Feb 2020, 11:28 WIB
Pria, 26 tahun.

Saya mau bertanya, seminggu ini saya sakit demam, pusing disertai batuk. Tapi selama batuk itu dahak saya selalu tertahan, hingga hari ini batuk saya sudah membaik, tapi tadi pagi tiba2 dahak saya keluar dan warnanya merah kecoklatana, itu apa penyebabnya yah? nafas saya normal dan tekanan darah saya pun normal, apakah itu karna batuk saya terlalu kuat atau ada penyebab lain? baru pertama kali sih seperti ini. Terima kasih

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Selamat siang Pak.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Ketika mengalami batuk disertai dengan darah dapat disebabkan oleh iritasi di rongga mulut atau tenggorokan. Namun batuk berdarah juga merupakan salah satu ciri khas infeksi TBC atau tuberkulosis. Untuk saat ini bisa dilakukan pemantauan terhadap batuk disertai darah yang dialami. Jika darah berwarna merah segar, selalu ada setiap batuk atau semakin banyak, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan langsung ke dokter dan bila perlu dapat dilakukan pemeriksaan dahak. 

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter. Jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut melalui fitur live chat dalam aplikasi KlikDokter.

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar