Sukses

Suntikan Untuk Penanganan Nyeri Lutut

03 Feb 2020, 08:33 WIB
Pria, 22 tahun.

dok, Ibu saya berumur 57 tahun berat badan 55 kg divonis oleh dokter menderita pengapuran tulang lutut pada lutut kanan dan lutut kiri. Saya dapat informasi bahwa ada yang menyarankan untuk dilakukan suntik. Pertanyaan saya, apakah suntik tersebut diperbolehkan agar dapat mengurangi rasa nyeri pada lutut ibu saya ? mohon petunjuknya dok Terima Kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Osteoarthritis dapat disembuhkan dengan berbagai cara tergantung pada tingkat kerusakannya. Pada tingkat yang ringan, penderita cukup mengatasinya dengan banyak istirahat dan mengubah pola makan serta posisi tubuh saat beraktivitas.

Pada tingkat menengah dan berat, dokter dapat melakukan beberapa tindakan mulai dari memberikan obat rematik atau anti inflamasi, suntik dengkul hingga tindakan operasi.

Terapi obat-obatan berupa antinflamasi non steroid merupakan penatalaksanaan utama pada OA. Pengobatan ini selain membantu menghilangkan gejala nyeri juga dapat mencegah perburukan yang dapat terjadi.

Penyuntikan (injeksi) kortikosteroid pada sendi dapat mengurangi nyeri untuk sementara, namun injeksi ini tidak boleh sering diulang karena merupakan dapat menyebabkan destruksi tulang.

Perubahan pola makan dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan kandungan lemak dan kolesterol yang dapat meningkatkan berat badan dan memperberat OA yang terjadi. Makan makanan 4 sehat 5 sempurna secara seimbang serta perbanyak buah dan sayur. Terapi obat-obatan berupa antinflamasi non steroid merupakan penatalaksanaan utama pada OA. Pengobatan ini selain membantu menghilangkan gejala nyeri juga dapat mencegah perburukan yang dapat terjadi.

Untuk memastikan penyebab nyeri pada lutut isteri anda, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terhadap lutut Anda dan perlu dilakukan beberapa jenis pemeriksaan penunjang agar dapat diketahui dengan pasti sumber penyebab timbulnya nyeri lutut. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi langsung ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Dokter Spesialis Bedah Orthopaedi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai, seperti pemeriksaan foto polos lutut anda, pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan faktor rhoumatoid, atau bahkan dilakukan analisa cairan sendi. Selain itu konsultasi ke dokter juga berguna untuk mengevaluasi hasil pengobatan yang telah ibu anda jalani.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar