Sukses

Kulit Kepala Anak Kemerahan dan Mengelupas
02 Feb 2020, 19:50 WIB
Pria, 44 tahun.

Anak saya perempuan umur 3bln, kulit di belakang kepala berwarna merah kulitnya kering ngelupas. gimana cara mengobatinya

Halo,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Bapak rasakan terkait kondisi si Kecil.

Apakah keluhannya disertai gatal-gatal? Dari riwayat singkatnya, ada 2 kemungkinan penyakit yang dialami si Kecil, yakni dermatitis atopik dan dermatitis seboroik (cradle cap). Keduanya bisa menimbulkan keluhan gatal dan kemerahan. Namun perbedaannya, pada dermatitis seboroik, kulit mengering dan mengelupas. 

Dermatitis atopik murni disebabkan oleh alergi sedangkan dermatitis seboroik disebabkan oleh pertumbuhan jamur berlebihan, yang normalnya ada di kepala.

Penanganan keduanya berbeda.

Saat ini, kami sarankan agar si Kecil dibawa terlebih dulu ke dokter umum atau dokter anak. Kelainan kulit perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung agar tidak salah diagnosis. Dan bila diperlukan obat-obatan atau terapi tertentu, sebaiknya setelah diperiksa dokter, mengingat bayi Anda masih sangat muda. 

Baca juga:

Dermatitis Seboroik

Dermatitis Atopik

Beda Dermatitis Atopik pada Anak, Dewasa, dan Lansia

Cara Terbaik Mengatasi Dermatitis Seboroik

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda juga dapat berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga si Kecil sehat selalu. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar