Sukses

Diare Setelah Minum Susu

30 Jan 2020, 10:05 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat Malam dok. Saya termasuk orang yang suka mengonsumsi produk susu dan olahannya. Saya minum susu merk H*lo dan saya merasa pencernaan saya aman2 saja hingga susu tsb habis. Tetapi ketika saya minum susu merk lain, spt Ind*milk dan susu skim Pr*lac, saya merasa ada yang berbeda, yaitu saya menjadi diare/mencret 3-4 jam setelah minum susu tsb. Saya coba lagi minum susu tsb pada keesokan harinya dan gejalanya tetap sama. Apa yang sebenarnya terjadi dok ?Apakah sy hrs menghentikan konsumsinya dan mengganti merk susu?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai perut mencret setelah minum susu melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Diare dan muntah menunjukkan adanya inflamasi pada saluran cerna baik oleh infeksi (virus, atau bakteri) maupun iritasi makanan yang merangsang (terlalu pedas, terlalu asam, dll).

Umumnya diare disebabkan oleh infeksi virus jadi akan membaik sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar asupan cairan (minum) selama kehamilan dalam jumlah cukup. Perhatikan juga pergerakan janin Anda, apabila Anda merasa terdapat penurunan gerakan janin maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Pilihan obat yang dapat dikonsumsi salah satunya attapulgite (untuk menghentikan diare), namun sebaiknya setelah melakukan pemeriksaan dan atas saran dokter.

Namun, pada kasus Anda, diare muncul setiap Anda meminum susu tertentu, bisa saja Anda alergi terhadap protein susu, atau memang bisa saja penyebab lain seperti yang sudah dijelaskan di atas. Coba Anda hentikan dulu konsumsi susunya dan lihat apakah diare berhenti setelah Anda berhenti minum susu. Jika ya, maka susu lah penyebab diare yang Anda alami. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perut mencret setelah minum susu. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar