Sukses

Penyebab Benjolan Pada Payudara

29 Jan 2020, 12:14 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mengalami hal yang hampir serupa dengan pasien yang menanyakan pertanyaan di bawah ini: "Benjolan di Areola Payudara19 May 2017, 23:27 WIB Wanita, 22 tahun. Dok, mau tanya dibagian areola payudara kanan ada benjolan kecil (bentuk seperti jerawat) muncul sudah 3 hari yang lalu, 2 hari yang lalu agak nyeri sekarang nyeri sudah agak menghilang (masih berasa sedikit). Di benjolan tersebut sekarang terasa agak gatal ( baru 1 hari ini). Kira2 itu bahaya tidak ya ? Terimakasih." Tiba-tiba ada rasa nyeri di sekitar bawah puting, dan saat diraba ternyata ada benjolan kecil yang agak keras, baru terasa 2 hari ini. kira-kira kenapa ya dok? apa mengindikasikan penyakit berbahaya? Dan bila boleh apakah saya bisa mendapatkan kontak penanya sebelumnya tersebut untuk sharing? Terima kasih.

Selamat siang bu. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Seluruh informasi penannya di klikdokter dirahasiakan dan tidak dapat dibagikan ke publik. Mohon maaf sebelumnya. 

Benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

Ukurannya, apakah semakin bertambah besar

Permukaannya: licin atau berbenjol

Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)

Bagaimana keadaan kulit di atasnya

Apakah ada nyeri

Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Pada wanita di bawah usia 30 tahun, kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebutfibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

Kami tidak dapat mengetahui secara pasti penyebab dari benjolan pada payudara Anda, oleh karena itu kami sarankan agar Anda dapat mengunjungi dokter spesialis bedah untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan konsultasi Anda.

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.

Jangan ragu untuk berkonsultasi kembali jika masih ada keluhan.

Ibu juga dapat berkonsultasi melalui aplikasi KlikDokter kapanpun dan dimanapun.

Semoga Ibu lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar