Sukses

Jempol Kaki Kesemutan

28 Jan 2020, 20:50 WIB
Wanita, 31 tahun.

Saya mau bertanya... Sudah satu minggu ini kaki saya sering kesemutan terutama djempol kiri. ..apah ini gejala asam urat atau yg lain dokter

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Ibu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Ibu rasakan. 

Kesemutan adalah hal yang umum dirasakan setiap orang dan memiliki banyak penyebab. Biasanya kesemutan terjadi karena tubuh berada dalam posisi tertentu yang membuat aliran darah kurang lancar ke bagian tubuh yang mengalami keluhan tersebut. Hal ini tidak berbahaya dan akan membaik jika aliran darahnya normal kembali. 

Yang perlu dikhawatirkan apabila keluhan ini berlangsung lama, semakin menjalar ke bagian tubuh lain dan menetap. Karena mungkin saja ini merupakan gejala dari beberapa penyakit, seperti:

- Gangguan saraf, seperti stroke

- Diabetes mellitus

- Sindrom pasca infeksi

- Gangguan hormon

- Kekurangan cairan dan vitamin

- dsb

Beredar di masyarakat bahwa jika sering mengalami kesemutan terutama pada jempol kaki bisa menandakan asam urat tinggi. Hal ini bisa saja terjadi, karena penumpukan asam urat memang lebih sering pada sendi - sendi yang besar, seperti pada sendi jempol kaki. Namun, hal ini harus tetap dievaluasi secara langsung oleh dokter dan juga membutuhkan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi KlikDokter kapan pun dan dimana pun.

Semoga Ibu lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar