Sukses

Tangan Gemetaran
28 Jan 2020, 20:04 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok Saya sering merasa gemeteran di tangan saat memegang sesuatu yg Membutuhkan ketelitian misalkan mensoder sesuatu itu sudah tidak bisa pas ke alatnya atau tidak bisa memegangnya.. apakah ini cuma efek kecapean atau ada tanda lain yang berbahaya dok .. Tlong bantu penjelesannya dan cara penyembuhannya terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Selamat malam, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang saudara rasakan. 

Tangan gemetaran atau dalam istilah medis disebut tremor, bisa terjadi pada siapa saja dan dalam usia berapapun. Banyak yang menganggap hal ini biasa saja sehingga sering diabaikan. Namun, jika terjadi berulang pastilah akan sangat mengganggu pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Tangan gemetaran bisa saja bukan hal yang berbahaya tapi bisa juga gejala dari beberapa penyakit, jadi jangan dianggap sepele. 

Tremor bisa terjadi pada salah satu maupun kedua tangan atau bagian tubuh lain. Penyebabnya pun bisa banyak hal, seperti gangguan saraf, ketidakseimbangan eektrolit dalam tubuh, gangguan kadar gula darah, masalah hormon dan kelelahan otot biasa. Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling sering tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti : 

- Penyakit Parkinson

- Hipertiroidisme

- Multiple sclerosis

- Kecanduan alkohol

- Terlalu banyak konsumsi kafein

- Gula darah rendah

- Kekurangan vitamin B12

- Kelelahan

- Stress

- Gugup

- Gangguan di otak

Diperlukan proses tanya jawab oleh dokter-pasien untuk menggali keluhan tersebut dan juga pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung untuk bisa mengetahui diagnosis pasti dari keluhan yang saudara rasakan. 

Untuk sementara yang dapat Anda lakukan dirumah, seperti istirahat yang cukup, hindari mengkonsumsi minuman beralkohol dan berkafein, mengkonsumsi vitamin B12. Bila keluhan yang Anda rasakan semakin intens, saya sarankan untuk langsung berkonsultasi dengan dokter. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Saudara dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi KlikDokter kapan pun dan dimana pun.

Semoga saudara lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar