Sukses

Bentol di Kepala Anak
28 Jan 2020, 16:28 WIB
Pria, 4 tahun.

Mau tanya dokter Anak saya umur 4th kadang kadang kepala muncul bentol bentol besar kaya alergi apa penyebabnya dan apakah berbahaya

Halo,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Bapak rasakan terkait kondisi si Kecil.

Bentol adalah kelainan kulit berupa tonjolan kemerahan yang umumnya gatal. Apakah memang gatal? Sudah berapa lama munculnya yang kali ini? Apakah Anda memperhatikan pemicunya?

Jika tampilan utamanya adalah bentol dan gatal, kemungkinan besar si Kecil terkena biduran atau reaksi alergi terhadap sesuatu. Apakah kepalanya habis terkena zat yang tidak biasa? Apakah baru saja ganti produk perawatan rambut? Atau habis mengonsumsi makanan yang tidak biasa?

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan urtikaria.

Untuk mengetahui apakah betul ini biduran atau urtikaria, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Penyebabnya bisa macam-macam, di antaranya:

  • Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.
  • Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.
  • Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.
  • Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.
  • Penyakit tertentu. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.
  • Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, biasanya sembuh sendiri.

Untuk anak-anak, pemberian obat-obatan saat bentol muncul sebaiknya atas anjuran dokter anak. Untuk penanganan di rumah, bisa menggunakan krim/lotio calamine sebagai pereda gatal. 

Jika keluhan tak kunjung sembuh, sebaiknya bawa ke dokter anak atau ke dokter spesialis kulit.

Baca juga:

Apa itu Urtikaria?

Penanganan Urtikaria

Biduran

Kenali Penyebab Biduran dan Cara Mengatasinya

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda juga dapat berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga si Kecil sehat selalu. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar