Sukses

Benjolan Pada Tengkuk

22 Jan 2020, 14:29 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, di tengkuk saya trdapat dua benjolan tidak keras, rasanya sakit sekali, antara nyeri dan ngilu jika disentuh. Saya demam sdh hampir dua minggu, demam naik-turun. Tenggorokan sakit dan susah menelan. Di bawah dagu saya juga ada benjolan kecil, sakit juga bila disentuh. Teksturnya sama dgn benjolan di tengkuk. Beberapa hari ini saya merasa lemas, letih-lesu dan tdk bertenaga juga. Punggung bagian bawah jg sakit dan sering kehausan. Nafas jg pendek2. Awal tahun lalu berat badan saya 69 kg, tp saya diet dgn makan jagung rebus dan makan hny dua kali sehari. Lalu slm 6 bln, berat saya turun mnjadi 50 kg. Saya jg mudah kenyang, krn itulqh saya bisa melakukan diet. Yg jd pertanyaan saya: apakah ada kemungkinan hal trsbt merupakan gejala kanker kelenjar getah bening atau limfoma? Gejala2 yg saya sebutkan di atas kemungkinan besar hanya infeksi kelenjar getah bening saja atau menjurus ke arah limfoma dok? Mohon dijawab. Terimakasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan pada tengkuk melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Munculnya benjolan memang dapat dikaitkan karena infeksi dan kanker. Orang yang terkena infeksi biasanya memang muncul benjolan atau pembesaran pada kelenjar getah beningnya. Biasanya akan muncul di sekitar leher, ketiak dan selangkangan. 

Gejala pada pembesaran kelenjar getah bening akibat infeksi dan limfoma memang mirip. Tapi pada limfoma biasanya benjolan tidak nyeri seperti yang Anda alami. Untuk membedakannya dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

Oleh karena itu, saya sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan mungkin membutuhkan pemeriksaan penunjang seperti cek darah dan juga USG leher. Cek darah diperlukan karena gejala demam 2 minggu yang Anda alami untuk mengevaluasi penyebab demam yang lain seperti demam tifoid,dbd,dll. USG leher diperlukan untuk mengevaluasi benjolan Anda apakah mengarah ke kanker atau tidak. 

Demikian yang dapat disampaikan seputar benjolan pada tengkuk, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar