Sukses

Solusi Gigi berlubang

22 Jan 2020, 13:16 WIB
Wanita, 22 tahun.

Saya malas menggosok gigi sejak kecil. Setelah SMA saya mulai mengalami sakit gigi krna berlubang dan telah mencapai saraf gigi. Dan itu trus berlanjut hingga saya kuliah. Karena malu ke dokter dengan kondisi gigi yg sangat rusak dan saya seorang perempuan. Kondisi gigi saya saat ini gigi geraham kanan tinggal akar. Gigi geraham bawah dan atas kiri sudah berlubang. Diperparah dengan posisi gigi yang tdak karuan dan karang gigi yg menebal. Apakah ada solusi untuk masalah saya ini?

Terima kasih telah berkonsultasi seputar solusi gigi berlubang pada fitur Tanya Dokter

 

Gigi berlubang atau karies adalah suatu keadaan dimana gigi mengalami kerusakan. Kerusakan yang telah terjadi ini tidak boleh dibiarkan dan harus segera dirawat oleh dokter gigi. Perawatan pada gigi berlubang dapat berupa penambalan atau perawatan lainnya bahkan pencabutan, bergantung dari kondisi gigi itu sendiri, yaitu seberapa dalam, besar dan letak dari lubang tersebut. Lubang yang mencapai akar gigi ini bila kondisinya masih memungkinkan untuk ditambal maka akan dilakukan penambalan yang bisa juga didahului dengan peawaratan saluran akar, namun diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan perawatan yang tepat. 

Pada tindakan pencabutan dokter gigi melakukan pencabutan sesuai dengan prosedur standar dari mulai anestesi (pembiusan) hingga pencabutan gigi, sangat kecil kemungkinannya terjadi efek samping yang membahayakan. Efek samping pada saat proses pencabutan seperti perdarahanan, syok, pusing, pingsan, atau pegal dan mual bisa terjadi pada kondisi-kondisi tertentu. Misal pada penderita darah tinggi yang tidak terkontrol dan pada saat pencabutan tekanan darah sedang naik/tidak normal. Bisa juga pada penderita kelainan darah seperti hemofilia, atau pada penderita yang cemas berlebihan dan pada saat kondisi belum makan hingga menjadi lemas.

Pada intinya adalah beritahukan riwayat penyakit Anda pada dokter gigi yang akan melakukan pencabutan.  Efek samping jangka panjang, di mana gigi sebelahnya akan cenderung miring dan ke arah gigi yang hilang, dan jika yang dicabut adalah gigi bawah maka biasanya gigi atas akan turun karena gigi lawan sudah tidak ada. Idealnya gigi tersebut harus dibuatkan gigi tiruan. Namun dokter gigi yang merawat Anda akan memutuskan apakah gigi tersebut betul-betul harus dicabut atau tidak, karena sebisa mungkin gigi harus dipertahankan selama mungkin di dalam mulut.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar