Sukses

Tekanan Darah Tinggi

22 Jan 2020, 11:42 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya biasanya tensinya rendah, nah sekarang tiba" tensi saya tinggi sampa 155/100 Trus disaat tensi saya tinggi tulang belakang bekas suntik bius caesar jd ikut sakit dan leher kanan saya bengkak dok sudah berjalan 3 hari sakitnya, itu kira" kenapa ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai tekanan darah tinggi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Hasil pengukuran tekanan darah yang tinggi dalam waktu satu kali pengukuran, belum bisa dikatakan Anda menderita tekanan darah tinggi. Karena, seseorang dikatakan memiliki tekanan darah tinggi apabila dalam 3 kali pengukuran tensi dalam waktu yang berbeda menunjukkan hasil tekanan sistole ≥ 140 mmHg dan diastole ≥ 90 mmHg. 

Tekanan darah tinggi yang secara tiba-tiba dapat disebabkan karena faktor stress dan aktivitas. Jadi tidak cukup hanya diukur sekali saja. Jika setelah beberapa kali pemeriksaan namun tekanan darah tetap tinggi, maka akan dimulai terapi untuk tekanan darah, yaitu dengan perubahan pola hidup. Kurangi mengkonsumsi makanan yang tinggi garam dan makanan yang digoreng, perbanyak asupan serat dengan mengkonsumsi sayur dan buah, dan rutin olahraga minimal 2x seminggu. Jika perubahan pola hidup tidak mengubah tekanan darah, baru dokter akan meresepkan obat tekanan darah tinggi yang harus rutin dikonsumsi setiap hari. 

Untuk keluhan Anda yang mengalami leher kanan bengkak dan nyeri merupakan tanda bahwa terjadi peradangan. Hal itu salah satunya bisa disebabkan karena adanya infeksi. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi langsung untuk mengetahui diagnosis Anda. Saran saya, Anda bisa langsung berkonsultasi ke dokter dan mungkin dibutuhkan pemeriksaan penunjang juga. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai tekanan darah tinggi, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar