Sukses

Sesak Napas Berulang
22 Jan 2020, 08:24 WIB
Pria, 34 tahun.

Izin bertanyak dok, mengapa ya pernapasan saya sering sesak dan seperti nya di saluran pernapasan saya banyak cairan/dahak gitu... jd setiap sy merasa sesak..harus sy batukkan agar dahak encer tsb keluar dan tdk mhambat jalan nya saluran pernapasan sy sehingga bernafas sy sedikit enak. Itu terjadi setiap saat spti saat capek, olah raga, malam hari, cuaca dingin, apalgi waktu saat naik asam lambung sy kaadaan makin sesak kali smpe nafas nya bunyi (bengek). Perna sy brobat ke dokter umum terdekat...hal yg di lakukan kpd sy wktu itu adlah sy di asapin...kata nya supaya saluran nafas sy terbuka dan jika batuk akn lbh mudah mgeluarkan lendir/dahak nya dan akhir nya betul demikian ttpi seiring wktu berjalan rasa sesak sy kembali...oleh krn itu dok, mohon bantuan nya dan penjelasan nya ttg yg sy alami ini...kira2 sy sakit apa dok dan apa yg hrs sy lakukan agar bernafas sy normal??? Ats bantuan ny sy ucapkn trimaksih dokter.

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelumnya perlu diketahui lebih dalam mengenai keluhan sesak yang Anda alami, apakah dipicu oleh hal tertentu seperti udara dingin atau debu, apakah ada suara mengi, apakah ada riwayat alergi sebelumnya, apakah ada gejala lain seperti demam, apakah ada riwayat asthma sebelumnya. Jika memang memiliki riwayat asthma, kemungkinan kondisi Anda memang harus dikontrol dengan penggunaan obat setiap hari sehingga sesak tidak terus berulang. Selain itu, perlu juga diketahui mengenai kemungkinan alergen atau zat tertentu yang dapat memicu reaksi alergi. Pada pasien dengan asthma, jika terpapar dengan alergen dapat menimbulkan reaksi alergi dan berujung pada kambuhnya serangan asthma yang menyebabkan sesak napas.

Namun perlu diketahui juga apakah ada gejala lain seperti demam untuk menyingkirkan kemungkinan sesak napas yang disebabkan oleh infeksi. Kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis paru untuk memperoleh pemeriksaan secara keseluruhan dan bila perlu dilakukan pemeriksaan rontgen dan pemeriksaan laboratorium.

Sedangkan untuk keluhan sesak yang disebabkan oleh asam lambung yang meningkat, kemungkinan dipicu oleh riwayat terlambat makan, konsumsi makanan asam, pedas maupun bergas sebelumnya. Selain itu, sangat tidak disarankan untuk langsung tiduran setelah makan. Sebaiknya diberikan jeda sekitar 2 jam setelah makan sebelum berbaring karena jika tidak dilakukan dapat menyebabkan naiknya asam lambung dan menyebabkan rasa panas pada dada dan memicu sesak.

Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai hal tersebut, dapat melalui fitur live chat dalam aplikasi Klikdokter.com

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar