Sukses

Menstruasi normal atau tidak?

21 Jan 2020, 13:39 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dokter, kan saya anemia baru saja transfusi darah. anemia tersebut dikarenakan oleh menstruasi yang berlangsung lama. saya berhenti menstruasi tanggal 31 desember 2019 dan saya menstruasi kembali tanggal 15 januari 2020. apakah itu penyakit dok, atau menstruasi biasa?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya mengenai menstruasi melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.  

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.    

Dari data yang Anda berikan jarak antara menstruasi Anda kurang lebih 15 hari. Hal ini termasuk tidak normal karena siklus menstruasi normalnya berlangsung setiap 21-35 hari dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya, dengan durasi sekitar 3-7 hari, serta jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. 

Oleh sebab itu, perlu dicari tahu penyebab dari keluhan Anda tersebut. Apakah siklus menstruasi Anda sejak awal tidak normal? Atau baru-baru saja mengalami hal ini? Penyebab dari gangguan menstruasi dapat beraneka ragam dari stress, aktivitas berat, penggunaan kontrasepsi, masalah pada organ reproduksi seperti mioma dan sebagainya?

Untuk memastikannya sebaiknya lakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan anamnesa secara lengkap mengenai keluhan Anda, sejak kapan, ada keluhan lainnya. Dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik dan mungkin penunjang seperti USG untuk mencari kemungkinan penyebab keluhan Anda.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel terkait :

7 Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Cara Mengatasi Darah Menstruasi yang Terlalu Banyak

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar menstruasi. Semoga bermanfaat.

Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat bekonsultasi melalui fitur live chat di aplikasi Klikdokter. Terima kasih. 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar