Sukses

Sakit Kepala

20 Jan 2020, 14:57 WIB
Wanita, 35 tahun.

kepala sering sakit sdh 17 tahun sudah sempat ke dr syaraf n MRI tapi hasilny bagus , bagaimana kira2 solusinya

Terima kasih telah berkonsuktasi seputar sakit kepala pada fitur Tanya Dokter

 

terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Bagaimanakah nyeri yang Anda rasakan, seperti ditusuk, ditarik atau berdenyut? Atau terasa seperti berputar bahkan melayang?

Sakit kepala yang berhubungan dengan cahaya (dicetuskan atau diperberat) umumnya disebabkan oleh migraine, tension dll. Sekitar 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura (migrain klasik).

Untuk sementara rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

- relaksasikan diri dengan pemijatan ringan

- mandi air hangat

- hindari diri dari keramaian untuk sejenak

- Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja

- Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar

- Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang Anda rasakan, kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis saraf 

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar