Sukses

Mengatasi Mual dan Muntah
20 Jan 2020, 14:45 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang dokter, saya wanita usia 26tahun, kemarin saya sudah ke linik dan saya diagnosa oleh dokter asam lambung, tetapi saya merasa perut saya kalau diisi nasi begah banget dokter, dan bisa muntah kalau sudah terasa begah banget, bagaimana cara mengatasinya dokter agar tidak begah dan tidak muntah terus2an dokter, terima kasih

Terima kasih telah berkonsultasi seputar mengatasi mual dan muntah pada fitur Tanya Dokter

 

Keluhan mual dan muntah dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab tersering adalah karena peyakit lambung, dimana asam lambung meningkat bisa menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati dan sensasi sesak nafas. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag, Anda dapat lakukan adalah :

- Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

- Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

- Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

- Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

- Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

- Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

 

Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Antasid merupakan obat untuk menurunkan asam lambung yang bekerja dengan cepat. Antasid biasanya digunakan sebagai terapi akut (saat gejala sedang muncul). Untuk terapi rumatan/maintenance dapat diberikan obat golongan PPIs seperti omeprazole atau lansoprazole. Jika dengan perubahan pola makan dan minum obat bebas tersebut, keluhan tidak berkurang, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah terdapat luka pada lambung Anda.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar