Sukses

Cara Mengatasi Depresi

20 Jan 2020, 08:14 WIB
Wanita, 21 tahun.

Siang dok, saya tidak tau dengan diri saya sendiri, setiap ada perkataan kasar yang orang lain bilang ke saya, rasanya hati saya sangat sakit dan saya akan memikirkan hal tersebut secara terus-menerus. Kadang kala saya saat saya membaca artikel tentang bunuh diri, dibenak saya sempat akan melakukan hal itu tapi saya tepis karena saya masih ingat dengan Tuhan. Setiap saya ada masalah, ingin saya memberi tahu ke teman dan saya harap teman tersebut memberi saya solusi, tapi kenyataannya mereka hanya mengatakan "sabar ya" jadi saat ini jika saya sedang ada masalah, saya lebih memilih menyimpannya atau lebih memilih berdiam diri di kamar dan menangis. Saya butuh solusi untuk masalah saya tersebut. Terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda.  Depresi ditandai dengan kondisi murung, kinerja menurun, sulit berkonsentrasi, sulit tidur dan makan, dan bahkan muncul keinginan untuk menyakiti diri hingga bunuh diri. Itu artinya depresi sudah mulai menyerang.

Jika Anda ingin terhindar dari hal mengerikan tersebut, ini yang perlu dilakukan:

  1. Sempatkan diri untuk melakukan hobi Anda.
  2. Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.
  3. Mencari akar masalah yang Anda hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya.
  4. Prioritaskan waktu Anda bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi.
  5. Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari stres berkepanjangan.

Jika cara di atas belum mampu mengatasi stres atau depresi yang Anda alami, jangan ragu untuk segera berkunjung ke psikiater atau psikolog.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Cara Mengatasi Depresi. Semoga bermanfaat.

Salam,

3 Komentar