Sukses

Pengobatan Maag atau Asam Lambung

15 Jan 2020, 11:12 WIB
Wanita, 41 tahun.

Selamat Sore Dok, SUdah sebulan ini saya mengkonsumsi omeprazole dan antasida doen atas anjuran dokter tetapi asam lambung masih kerap kambuh. Keringat keluar di telapak tangan dan kaki, nafas sesak. Apakah minum omeprazole dan antasida boleh dihentikan kalau sudah tidak menunjukkan gejala seperti itu dok? Apa kalau dikonsumsi terus2an tidak menimbulkan efek samping? Mohon penjelasannya..terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Dari gejala yang Anda alami, kemungkinan penyakit yang Anda derita adalah sakit maag.

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Bila benar anda terkena maag, maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat merangsang asam lambung.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah:

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)Hindari dahulu konsumsi coklat, keju, kopi atau teh.Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehariJangan terlambat makanUsahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.Sebaiknya Obat untuk menangani sakit maag ada beragam jenisnya, mulai dari yang langsung menetralisir asam lambung yang sudah terbentuk hingga yang perperan pada 'pabrik' pembentuk asam lambung itu sendiri. Jenis mana yang paling sesuai untuk dikonsumsi tentu bergantung dari kondisi masing- masing orang. Untuk pengelolaan maag akut yang terjadi tiba- tiba, jenis obat yang berisi antasida, hidrotalcyde dan sejenisnya mungkin akan efektif diberikan. Akantetapi pada maag yang bersifat kronis diperlukan pengelolaan asam lambung langsung di 'pabrik'nya dengan pernambahan obat seperti omeprazole, lansoprazole.

Jika telah melakukan tips2 pencegahan maag dan dirasakan baik2 saja, maka mungkin pemberian obat maag dapat dihentikan. Namun perlu diketahui penyakit maag tidak dapat sembuh secara sempurna, ia bisa kambuh kapan saja. Sehingga menjaga pola makan dan aktivitas sangatlah penting dalam mencegah maag. 

Pada maag kronis memang diperlukan pengobatan jangka panjang, hal ini tidak menimbulkan efek samping jika digunakan sesuai anjuran dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam Sehat 

0 Komentar

Belum ada komentar