Sukses

Hasil Lab JUmlah Monosit

15 Jan 2020, 10:53 WIB
Pria, 27 tahun.

saya baru selelsai cek kesehatan di kantor, hasilnya ada yang harus diperhatikan karena monosit saya di angka 16. itu kenapa ya Dok? dan saya harus bagaimana?

Terima kasih telah bertanya seputar jumlah monosit melalui Tanya Dokter.

Sel darah putih merupakan salah satu komponen darah, yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi. Jumlah sel darah putih normal adalah sekitar 4500 - 1000 sel per mikroliter. Ada 5 jenis leukosit, yaitu neutrofil, limfosil, monosit, eosinodil, dan basofil.

Meningkatnya sel darah putih atau leukositosis tidaklah selalu baik karena hal ini menunjukkan adanya masalah medis yang mendasari. Ketika terdapat peningkatan tertentu dalam jenis sel darah putih, ini menunjukkan penyakit tertentu. Misalnya peningkatan neutrofil menunjukkan adanya infeksi, kanker, atau stress. Sedangkan Dalam kasus tinggi monosit dan eosinofil, kemungkinan hal ini menunjukkan adanya infeksi.

Hasil lab ini sebaiknya disesuaikan dengan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya, apakah ada gejala infeksi yang sedang Anda alami? karena terapi untuk infeksi sangat bergantung pada jenis infeksi tersebut.

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda simak:

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar jumlah monosit, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Lian Kim hiu

    Halo dok,mau ty Hasil cek darah yg eosinofil tinggi 10.0. Monosit rendah 3.0 Mohon penjelasannya