Sukses

Bintik Berair pada Kaki
14 Jan 2020, 21:03 WIB
Wanita, 36 tahun.

Salam. Selamat pagi Dok, Dok saya mau tanya. Bagaimana cara mengobati Bentol berair pada kaki anak. soalnya kalau malam hari anak saya suka nangis dan bilang sakit (maksudnya gatal). Apakah ada obat tertentu yg bisa saya beli di Apotek? Anak saya berusia 2 tahun 10 bulan. Terimakasih atas jawabannya.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai bintik berair pada kaki melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya izinkan saya bertanya, Apakah bintik berair ini hanya di kaki saja? Apakah hanya satu atau banyak bintik? Sejak kapan anak Anda mengalami keluhan ini? Apakah ada demam? Apakah ada nyeri dan kemerahan? Apakah anak Anda memiliki riwayat alergi?

Kelainan kulit yang menimbulkan bintik berair bisa disebabkan karena infeksi bakteri, jamur, virus dan adanya alergi. Pada anak, kelainan kulit yang sering menyebabkan bintik berair adalah impetigo dan cacar air. 

Impetigo adalah penyakit infeksi kulit pada anak yang disebabkan karena bakteri. Hal ini terjadi karena kurangnya kebersihan fisik. Bintik berair pada impetigo sering muncul di wajah, tangan dan kaki. Sedangkan cacar air, adalah infeksi kulit menular yang disebabkan oleh virus. Cacar ini biasanya dibarengi dengan demam dan adanya bintik berair pada seluruh tubuh yang gatal dan berair. 

Untuk mengetahui pengobatan yang pas untuk anak Anda, terlebih dahulu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk dapat menegakkan diagnosis dan membantu dalam pengobatan. Oleh sebab itu, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter perihal keluhan anak Anda. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai bintik berair pada kaki, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar