Sukses

Penanganan Diare Saat Hamil
14 Jan 2020, 18:20 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok saya mau tanya, istri saya sedang hamil 8 bulan, sekarng sering sakit perut di bagian ulu hati, terus BAB nya mencret, boleh kah istri saya minum polisile, ataw kira² di apotik obat apah kah yg cocok untuk istri saya yg sedang hamil, Oya kemrin saya sudah periksa ke klinik, di kasih obat cuma tidak ada perubahan dok,?? Mohon jawabannya dok..??

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai penanganan diare saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Diare saat sedang hamil memang bisa sangat mengkhawatirkan bagi ibu dan bayi yang dikandung. Karena diare sangat erat kaitannya dengan dehidrasi. Belum lagi jika ibu hamil masih mengalami morning sickness, yaitu keadaan mual, muntah, susah untuk makan dan minum. Hal ini justru akan diperberat dengan adanya diare. 

Umumnya diare dapat disebabkan karena adanya infeksi bakteri, virus, parasit, keracunan makanan, obat-obatan tertentu dan infeksi saluran cerna. Tapi diare pada ibu hamil juga dapat disebabkan karena adanya perubahan pola makan selama hamil, perubahan hormon dan sensitif terhadap makanan tertentu. 

Diare secara terus - menerus dan tidak dibarengi dengan asupan makanan yang cukup bisa menimbulkan keluhan lain, seperti nyeri pada bagian ulu hati. Untuk itu perlu ditangani diarenya dengan segera. Untuk penanganan dirumah, usahakan agar istri Anda tetap banyak minum agar terhindar dari dehidrasi, hindari makanan yang dapat memicu diare, makan dengan porsi sedikit namun sering agar tidak nyeri ulu hati terus - menerus. Untuk pengobatan saya sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung ke dokter karena harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dokter memberikan pengobatan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penanganan diare saat hamil, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar