Sukses

Keringatan pada Satu Sisi Badan Saja
14 Jan 2020, 17:47 WIB
Pria, 32 tahun.

Maaf dok sya mau tanya Sya sering keringetan tp cuma dibagian badan sebelah kanan sebelah kiri tidak sma sekali kluar keringat....dri ujung kepala sampai kaki Kira2 sya sakit apa ya dok Terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai keringatan pada satu sisi badan saja melalui fitur Tanya Dokter.

Keringat berlebih disebut juga dengan hiperhidrosis. Normalnya tubuh kita akan berkeringat apabila sedang berada di tempat yang bersuhu panas, sedang olahraga, gugup, cemas dan sebagainya. Hiperhidrosis adalah suatu kondisi yang membuat seseorang mengeluarkan keringat secara berlebih yang tidak diakibatkan oleh suhu panas. Bagian tubuh yang sering berkeringat adalah tangan, ketiak, dan kaki karena memiliki paling banyak kelenjar keringat. Keadaan yang menyebabkan keringat pada satu sisi badan bisa saja hal yang normal, jika Anda memang banyak melakukan aktifitas fisik pada satu sisi badan tersebut. Namun hal - hal lain juga perlu diwaspadai, misalnya:

- hipertiroid

- sindrom harlequin (gangguan pada sistem saraf yang mengakibatkan gangguan produksi keringat)

- anhidrosis (tidak dapat berkeringat secara normal)

- penyakit kronis, seperti tumor, kanker, diabetes, dll

- gangguan cemas berlebih

Hal - hal diatas bisa juga menjadi penyebab keringat berlebih. Perlu dilakukan evaluasi secara langsung terhadap diri Anda untuk mengetahui apakah hal tersebut normal atau memang ada faktor penyebabnya. Untuk itu, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai keringatan pada satu sisi badan saja, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar