Sukses

Perasaan Mau Pingsan

14 Jan 2020, 16:38 WIB
Pria, 22 tahun.

halo dok saya adalah seorang pelajar .dan kebanyakan waktu saya adalah membaca. suatu kali saya melakukan olahraga (kesemaptaan) di waktu pertengahan olahraga . tiba tiba saya merasakan . 1.)sesak nafas .yang sangat . padahal saya bukan perokok dan tidak bergaul dengan perokok . 2)mata berkunang kunang. 3) kedua telinga terasa panas naik dari bawah tubuh. 4)lemas ..dan 5) bibir membiru dan wajah pucat.. 6)terasa mau pingsan. .bisa tolong jelaskan dok .dan saya baru pertama kali meraskan hal seperi ini.. ....

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai perasaan mau pingsan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, keluhan - keluhan tersebut memang megarah ke sinkop atau pingsan. Tanda - tanda tersebut umumnya muncul ketika seseorang mengalami dehidrasi, penurunan kadar gula darah, penurunan tekanan darah dan kurangnya aliran oksigen ke otak. Hal tersebut bisa terjadi saat olahraga.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Usahakan minum yang banyak sebelum, saat dan setelah olahraga. Jangan juga berolahraga saat perut kosong, makanlah sedikit sebelum berolahraga. Mengatur pernapasan selama berolahraga juga penting agar aliran oksigen ke otak tidak berkurang. 

Sebaiknya Anda melakukan olahraga yang ringan dulu, jangan terlalu memaksakan tubuh Anda. Pastikan melakukan persiapan sebelum berolahraga agar tidak terjadi keluhan yang sama. Jika keluhan tersebut muncul kembali dan tidak membaik setelah beristirahat, saya sarankan untuk memeriksakan diri Anda ke dokter agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai perasaan mau pingsan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar