Sukses

BAB Disertai Darah

13 Jan 2020, 11:58 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok? Kenapa setiap saya buang air besar kotoran dan darah bersamaan keluar??

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelumnya perlu diketahui informasi lebih dalam mengenai keluhan yang Anda alami, seperti sudah berapa lama mengalami hal tersebut, apakah selalu disertai darah setiap BAB, apakah darah yang keluar berwarna merah segar, apakah ada nyeri saat BAB, apakah ada riwayat sulit BAB atau konstipasi sebelumnya, apakah cukup konsumsi serat dan air, adakah kebiasaan konsumsi makanan pedas.

Jika terdapat riwayat BAB keras atau sulit sebelumnya, disertai darah merah segar yang menetes, disertai rasa nyeri di sekitar anus, kurang konsumsi serat dan air, terdapat kebiasaan konsumsi makanan pedas, kemungkinan keluhan yang Anda alami disebabkan oleh ambeyen atau wasir. Sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah untuk memastikan hal tersebut dan memperoleh terapi yang tepat. Selain itu, tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung serat dan minum air putih minimal 2 liter dalam sehari. Sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang terlalu pedas.

Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai keluhan Anda, dapat melalui fitur live chat dalam aplikasi Klikdokter.com

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar