Sukses

Nyeri di Sekitar Anus

13 Jan 2020, 11:28 WIB
Pria, 22 tahun.

Dokter, saya merasa perih2 di bagian dekat anus, saat saya mandi saya bersihkan dgn air dan sabun daerah itu malah perih nya parah, tpi stlh itu perih nya hilang. Saat bangun pagi rasa perih (tidak begitu parah), krn terasa basah sedikit. Saya coba lap dengan tisu, ad cairan kuning d tisu nya. Lalu sy bersihkan lgi daerah sana dengan air dan sabun, skrg daerah anus syaa terasa perih sedikit, tetapi saya bisa beraktifitas seperti biasa.

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelumnya perlu diketahui lebih dalam mengenai keluhan yang Anda alami, seperti apakah ada riwayat sulit BAB atau BAB keras sebelumnya, apakah sudah cukup konsumsi serat seperti sayur dan buah, serta konsumsi air yang cukup, adakah riwayat konsumsi makanan pedas sebelumnya.

Kondisi nyeri di daerah sekitar anus paling sering disebabkan oleh ambeyen atau wasir. Seringkali disertai dengan BAB berdarah dengan warna merah segar. Namun pada kondisi awal atau yang masih ringan, bisa saja tidak disertai oleh darah namun terdapat nyeri di sekitar anus. Ambeyen sering disebabkan oleh pola makan yang kurang serat, kebiasaan konsumsi makanan pedas dan kurangnya minum air putih. Hal ini dapat menyebabkan sulit BAB dan menyebabkan nyeri di sekitar anus. Untuk kondisi ini, sebaiknya meningkatkan konsumsi serat, air dan menghindari makanan pedas. Jika keluhan tidak membaik, segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter secara langsung untuk dinilai kemungkinan penyebab keluhan yang Anda alami.

Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai konsultasi Anda, dapat melalui fitur live chat dalam aplikasi Klikdokter.com

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar