Sukses

Diare Hingga Dehidrasi, Apa yang Harus Dilakukan?

10 Jan 2020, 14:12 WIB
Wanita, 27 tahun.

Assalamualaikum dokter. Saya mau bertanya, kenapa perut saya sering sakit melilit dan berbunyi seperti ada air yang sedang mengalir? Suara nya sangat jelas. Jika bunyi muncul, maka otomatis saya langsung kebelet BAB. BAB yang dihasilkan sangat encer, mayoritas air dan berbau mengenyat. Jika sedang kambuh, sering diikuti dengan sendawa berbau menyengat seperti bau minuman gas. Dalam satu hari, bisa sampai 6-8 kali saya BAB. Pernah suatu hari, saya sampai pingsan karna sudah terlalu banyak air yang saya keluarkan ketika BAB. Mohon pencerahannya dok. Apa yang harus saya lakukan. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur tanya Dokter.

Walaikumsalam. Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Kami mengerti kekhawatiran anda, sejak kapan keluhan ini dirasakan? apakah ini terjadi setiap hari? atau kadang-kadang saja? kalau kadang-kadang saja mungkin memang terjadi infeksi berulang pada saluran pencernaan (mulai dari lambung sampai usus besar) akibat kemungkinan kontaminasi makanan atau minuman yang anda konsumsi. namun jika sudah terjadi lama dan setiap hari, anda perlu waspada apakah jangan-jangan terdapat penyakit yang lebih serius dan butuh penanganan lebih lanjut. jika ini masih terjadi maka hal utama yang harus anda lakukan adalah banyak minum atau rehidrasi agar tidak terjadi dehidrasi seperti yang sudah terjadi sebelumnya. kemudian, kami sarankan untuk berobat ke dokter karena keadaan yang  anda alami dirasa cukup serius.

Lebih lanjut mengenai hal ini, anda bisa baca:

Diare

Cara Mengobati Diare

 

Demikian informasi tentang ini kami sampaikan. Apabila anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat berkosnultasi dengan saya melalui fitur Livechat di aplikasi KlikDokter, Terima kasih semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar