Sukses

Bayi Demam 1 Minggu dan Muntah
09 Jan 2020, 10:37 WIB
Pria, 28 tahun.

Hallo dokter anak saya umur 9 bln,panas suda 8 hari,munta 3x,mata nya merah,batuk pilek suda 5 hari. Saya bingung harus bgmna?,

Terima kasih telah bertanya seputar demam pada bayi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Sebaiknya Anda memiliki termometer untuk mengetahui suhu pasti anak Anda. Umumnya suhu diatas 38 derajat baru dikatakan demam. Apakah demam anak Anda dirasa sepanjang hari atau naik turun? Apakah ada keluhan lain selain demam? Obat apakah yang sudah Anda berikan?

Demam hanya merupakan suatu gejala dari sebuah penyakit, bukan merupakan penyakit. Demam timbul sebagai respon tubuh akibat rangsangan pada pusat demam di otak, paling sering akibat adanya infeksi. Pada Anak Anda, batuk dan pilek mengindikasikan adanya infeksi pada saluran nafas bagian atas.

Karena demam hanya merupakan suatu gejala, pada saat diberi obat demam maka suhu tubuh akan turun, namun selama penyebab demam belum teratasi, maka demam akan kembali muncul.

Kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter karena sudah demam selama lebih dari 1 minggu. Sebagai usaha untuk menurunkan demam pada anak, berikan obat penurun demam seperti paracetamol dengan dosis sesuai berat badan anak jika demam mencapai suhu di atas 38 derajat celsius. Untuk mengatasi demam pada anak, Anda juga dapat mengompres dengan air hangat, karena pusat suhu tubuh akan menerima informasi bahwa suhu di sekitar tubuh sedang hangat atau meningkat sehingga tubuh pun akan memberikan respon untuk menurunkan suhunya secara otomatis. Selain itu, gantikan baju anak bila sudah mulai basah dan perhatikan asupan cairan anak untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Karena ada gejala muntah, perlu dipastikan juga apakah anak masih mau makan dan minum? Pastikan anak tidak mengalami dehidrasi dengan tetap memenuhi kebutuhan cairannya. Berikan anak ASI (jika masih menyusu) sesering mungkin atau berikan ia susu dan makanan yang masih mau ia makan. Jika muntah anak tidak kunjung terkendali, segera bawa ke dokter.

Berikut beberapa artikel yang bisa Anda simak:

Demikian informasi seputar demam pada bayi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.        

0 Komentar

Belum ada komentar