Sukses

Hubungan Intim Setelah Melahirkan Akankah Hamil Lagi?

09 Jan 2020, 10:14 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau tanya,1.saya habis lahiran baru 3 mnggu lebih,trus berhubungan intim tpi keluarnya diluar bukan di dalam,kira kira itu bisa hamil atau tidak dok? 2.baru 2 mnggu lebih haid syaa udah berhenti,itu gak papa atau gimana dok? Sekian pertanyaan sya,terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang kemungkinan hamil setelah hubungan intim pasca melahirkan melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Ada beberapa penjelasan mengenai kapan seorang wanita bisa hamil kembali setelah melahirkan

1. Lima minggu

Pada beberapa wanita yang sangat subur dapat hamil lagi hanya 5 minggu setelah melahirkan. Ini berarti ada jeda 11 bulan antara anak kedua.

2. Setelah berhenti pendarahan

Beberapa perempuan bisa mengalami pendarahan (nifas) selama enam sampai delapan minggu setelah melahirkan. Anda bisa hamil ketika melakukan hubungan intim tanpa kondom.

3. Setelah menstruasi pertama

Dalam banyak kasus, siklus menstruasi wanita melahirkan tak normal setidaknya enam bulan setelah melahirkan. Anda mungkin berpikir istri Anda tak mungkin hamil karena tak menstruasi. Ini sebuah mitos yang berbahaya. Istri Anda bisa hamil bahkan jika istri Anda tak menstruasi karena istri Anda mungkin tetap berovulasi. Bahkan, tak menstruasi mungkin menjadi pertanda istri Anda sedang hamil.

4. Hamil saat menyusui

Wanita percaya menyusui sebagai bentuk kontrasepsi alami. Menyusui bisa mencegah kehamilan tapi tak bisa mencegah sepenuhnya. Terutama pada kasus Anda pemberian ASI dicampur dengan susu formula sehingga metode kontrasepsi LAM (lactation Amenore Method) tidak berhasil seutuhnya. Bagaimana dengan istri Anda, apakah istri Anda menyusui secara eksklusif?

Apabila Anda dan pasangan merasa tidak yakin, Anda dapat melakukan test pack untuk mengetahui hamil atau tidak. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kemungkinan hamil setelah hubungan intim pasca melahirkan. Smeoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar