Sukses

Telinga Mengeluarkan Cairan dan Berbau

07 Jan 2020, 11:49 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter, saya kemarin dari THT untuk memeriksakan telinga, sekarang alhamdulillah sudah sembuh akan tetapi jadi mengeluarkan cairan kecoklatan dan berbau, ini kenapa ya dok? Apakah ini merupakan efek jangka pendek?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai telinga mengeluarkan cairan dan berbau melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya izinkan saya bertanya, Sudah berapa lama keluar cairan dari telinga Anda?Apakah keluarnya terus-menerus? Apakah sebelumnya didahului dengan demam, nyeri pada telinga? Apakah pendengaran Anda berkurang dan berdengung?

Berdasarkan dari pernyataan Anda, kemungkinan Anda terkena penyakit OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik). Ini merupakan infeksi kronik pada telinga bagian tengah yang ditandai dengan bocornya gendang telinga sehingga mengeluarkan cairan yang berbau dari telinga Anda. 

Biasanya penyakit ini didahului dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti flu, radang tenggorokan. Setelah itu kuman atau bakteri masuk ke telinga tengah dan menyebabkan OMA ( Otitis Media Akut ). Otitis Media AKut memiliki beberapa fase, yang memberi gejala seperti demam, nyeri telinga, telinga terasa penuh, pendengaran berkurang, dan berdengung. Jika infeksi terus - menerus dan semakin banyak penumpukan cairan di gendang telinga, maka bisa menyebabkan gendang telinga jadi pecah yang mengeluarkan cairan berbau dari telinga. Jika sudah sampai pada tahap ini, harus diberikan pengobatan yang adekuat seperti pencucian telinga dan pemberian antibiotik untuk menghilangkan infeksinya agar tidak menularkan ke telinga yang satu. 

Namun untuk menegakkan diagnosis diatas, harus dengan pemeriksaan telinga langsung oleh dokter. Agar dapat dilihat apakah memang gendang telinga Anda bermasalah atau baik - baik saja. Kami sarankan Anda segera memeriksakan telinga Anda ke dokter THT. Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar