Sukses

Gigi Sakit Berdenyut Pada Gigi Depan Yang Ditambal

07 Jan 2020, 07:50 WIB
Wanita, 20 tahun.

Gigi depan kiri saya sakit, hingga bagias atas gusi sekitaran hidung sebelah kiri, berdenyut2 dok 😭 itu kenapa ya dok? 2 hari yang lalu terasa pas bangun tidur, tapi semakin sakit hari ini 😭 oiya dok, gigi depan saya ini pas kecil patah, jadi ditambal, tapi sudah lama sekali

Terima kasih sudah bertanya seputar gigi sakit berdenyut pada gigi yang ditambal melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang Anda sampaikan, Ada kemungkinan tambalan gigi depan Anda mengalami kebocoran sehingga bakteri dapat masuk kembali melalui kebocoran tersebut, dan menyebabkan infeksi kembali terjadi di bawah tambalan yang disebut karies sekunder. Akibatnya timbul rasa nyeri bila gigi terkena rangsangan misalnya makanan atau suhu panas/dingin.

Bila karies sudah berlanjut hingga ke ruang pulpa, rasa nyeri yang timbul terjadi secara spontan meski tidak ada rangsang. Infeksi dapat terus merambat ke saluran akar, hingga ke bawah akar dan menyebabkan terjadinya periodontitis (peradangan jaringan periodontal/pendukung gigi). Gejalanya rasa sakit pada gigi yang bersangkutan bila gigi diketuk atau berkontak dengan gigi lawan atau saat mengunyah makanan terutama makanan keras.

Bila memang demikian maka solusinya tidak bisa sekedar ditambal ulang tapi gigi itu harus dirawat saluran akar terlebih dulu. Perawatan ini biasanya membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, jadi supaya perawatan berhasil pasien harus disiplin dalam memenuhi kunjungan yang telah dijadwalkan oleh dokter. Baru setelah itu gigi dibuatkan restorasinya, biasanya mahkota tiruan.

Ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter gigi secara langsung, agar dapat dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan yang tepat. 

Baca juga artikel terkait:

Atasi Sakit Gigi dengan Cara Ini, Singkirkan Minyak Rem!

Mengapa Sakit Gigi Bisa Memicu Sakit Kepala?

Sakit Gigi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Smeoga Bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar