Sukses

Mata Merah dan Belekan

06 Jan 2020, 10:57 WIB
Wanita, 29 tahun.

saya ingin bertanya untuk anak saya yg berumur 5 tahun matanya sering sekali merah dan belekan apalagi kalo dia bermain di luar dan terkena sinar matahari tapi kalo kami beri obat tetes mata, beberapa matanya akan sedikit cerah namun tetap msh belekan dan lama kelamaan akan kambuh lagi. bisa tolong diberi solusinya dok?

Terimakasih telah menggunakan layanan TanyaDokter Klikdokter.

Halo,

Mata merah disebabkan oleh dilatasi atau pelebaran pembuluh darah mata. Untuk mengetahui penyebab dari pelebaran tersebut, perlu dibedakan antara pelebaran pembuluh darah silier atau konjungtiva. Pelebaran pembuluh darah silier menunjukkan adanya peradangan pada bagian kornea, iris, atau badan siliaris mata. 

Walaupun penyebab mata merah paling sering adalah peradangan konjungtiva karena infeksi bakteri, virus, maupun karena alergi, mata merah dapat juga disebabkan oleh peradangan pada iris, kornea, dan peningkatan tekanan bola mata akut. Penyebab lain dapat berupa adanya benda asing, trauma, perdarahan di bawah konjungtiva, dll. Karena itu perlu diketahui juga apakah mata merah disertai mata berair, belekan, nyeri, penglihatan silau, penurunan ketajaman penglihatan, dll. Infeksi virus atau bakteri biasanya disertai dengan mata berair maupun belekan. 

Mata kotor atau belekan (mengeluarkan sekret) merupakan salah satu gejala dari kelainan konjungtiva mata. Apabila sekretnya cair maka kemungkinan disebabkan oleh virus atau alergi, bila sekret purulen atau berwarna kekuningan maka disebabkan oleh bakteri, apabila sekret serosa (tidak terlalu  kental) maka disebabkan oleh adenovirus. Dan apabila sekret lengket dan memanjang bila ditarik maka kemungkinan disebabkan oleh alergi atau vernal. Bagaimanakah dengan kotoran mata anak Anda?

Penanganan mata yang kotor pada mata (belekan) akan disesuaikan dengan penyebabnya. Maka, kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter untuk pemeriksaan secara langsung. Dengan bergitu, anak Anda akan mendapat tatalaksana yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Anda juga dapat membersihkan selalu mata anak Anda terutama pagi hari dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat, lakukan pemijatan lembut pada sekitar pangkal mata dekat pangkal hidung dan hindari menyentuh mata dengan tangan kotor.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. Apabila memiliki pertanyaan lanjutkan, anda dapat berkonsultasi menggunakan fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar