Sukses

Keputihan yang Gatal, Apa Penyebabnya?
06 Jan 2020, 07:37 WIB
Wanita, 16 tahun.

Rasa gatal pada bagian Miss v dan keputihan, sakit atau nyeri saat buang air kecil, dan bercampur darah selain itu rasa ingin buang air kecil terus menerus Bisa dibantu penyakit apa dan bagaimana cara penyembuhannya? 🙏🙏

Terima kasih telah bertanya seputar keputihan yang gatal dengan menggunakan fitur Tanya Dokter darik Klikdokter.com

 

Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah jamur, parasit, ataupun kutu. Apabila diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di pubis mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut pubis. Namun bisa juga gatal disebabkan karena vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga. Gatal pada vagina bukanlah gejala dari penyakit kanker serviks. Keputihan gatal karena keputihan patologis.

Sebagai informasi, keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti sesaat sesudah menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, nyeri saat BAK, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Saran kami adalah Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter mengenai keluhan tersebut untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya. Kelainan kulit dan kelamin memang memerlukan pemeriksaan langsung untuk diagnosis, oleh karena itu periksakan segera ke dokter untuk kemudian mendapatkan penanganan yang sesuai.

Untuk sementara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal antara lain :

  • menggunakan celana dalam yang berbahan dasar katun dan menyerap keringat
  • mengganti sesering mungkin jika celanda dalam basah atau lembab
  • hindari menggunakan pakaian atau celana yang ketat seperti jeans
  • basuh organ kewanitaan setelah BAK dengan cara yang benar yaitu dari arah depan ke belakang dan jangan lupa di keringkan
  • diperbolehkan menggunakan sabun kewanitaan tapi pilih yang tidak berbau wangi, tidak berbusa maupun yang mengandung bahan - bahan kimiawi. pilihlah sabun yang mengandung pH dibawah 7.
  • jika menggunakan pantyliner, usahakan untuk sering menggantinya setiap 3-4 jam sekali

Berikut ini merupakan tautan artikel tambahan yang dapat Anda baca :

Demikian informasi seputar keputihan yang gatal, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar