Sukses

Gigi Berlubang Dan Tumbuh Daging

02 Jan 2020, 09:22 WIB
Wanita, 20 tahun.

Kemarin Gigi saya berlubang dan ada tumbuh daging tapi kemarin tiba tiba berwarna hitam dan agak mengecil .. apakah itu berbahaya ataukah tidak ???

Terima kasih sudah bertanya seputar gigi berlubang dan tumbuh daging melalui fitur Tanya Dokter.

Kondisi yang Anda alami dapat diarahkan pada suatu kelainan berupa polip. Ada dua jenis polip yang dapat dijumpai pada gigi yang berlubang

1. Pulpa Polip. Memiliki karakteristik berwarna merah tua, sakit dan sangat mudah berdarah bila tersentuh, dan merupakan jaringan pulpa gigi yang mengalami hiperplasia. Polip seperti ini biasanya lazim ditemukan pada karies besar mencapai pulpa yang terjadi pada gigi tetap muda yang perkembangan akarnya belum sempurna.

2. Gingival polip. Memiliki karakteristik berupa warna merah muda yang senada dengan warna jaringan gusi di sekitarnya, tidak mudah berdarah dan tidak menimbulkan rasa sakit.Pada kondisi di mana pulpa polip terbentuk, maka kemungkinan besar gigi tersebut masih vital, sehingga diperlukan perawatan saluran akar yang akan mendorong penyempurnaan pembentukan akar gigi, sehingga perawatan saluran akar yang baik dan benar dapat dilakukan di masa yang akan datang.

Jika polip ini dibiarkan artinya anda membiarkan jalur antara saluran akar gigi dan rongga mulut terbuka, sehingga sangat resiko untuk menjadi infeksi kemudian bengkak. Jika polip sudah lebar dan menutupi hampir seluruh permukaan gigi maka kemungkinan yang terburuk adalah gigi harus dicabut namun tidak perlu dilakukan operasi.

Saran kami agar anda melakukan rontgen foto untuk keadaan akar giginya, apabila masih belum rusak segera lakukan perawatan saluran akar sampai tuntas di dokter gigi. Akar gigi yang masih kuat, masih bisa dipertahankan dengan cara tersebut sehingga anda tidak perlu melakukan pencabutan.

Baca juga artikel terkait:

Gigi Berlubang, Ditambal atau Dicabut?

Kenali 4 Penyebab Gigi Berlubang

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Smeoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar