Sukses

Berbagai Penyebab LED Tinggi

01 Jan 2020, 15:38 WIB
Pria, 58 tahun.

Halo dok, saya mau bertanya mengenai hasil thorax ayah saya. kesimpulannya hasilnya: - tidak tampak lagi infiltrat di kedua lapangan paru -opasitas linier di lapangan atas paru kanan, suspek fibrosis -tidak tampak gambaran TBC paru, bronkiektasis maupun massa yang jelas -tidak tampak kelainan radiologis pada jantung, stqa arti nya apa ya dok? lalu ayah saya juga melakukan tes darah. dan hasil laju endap darahnya 100mm, dilihat dari nilai rujukan 0-15 jadi sangat tinggi ya dok? jika laju endap darah tinggi kenapa dan efeknya apa dok? terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab LED tinggi menggunakan fitur tanya dokter dari Klikdokter.

Apakah bapak telah didiagnosa TB Paru dan menjalani pengobatan TB Paru?

Laju endap darah (LED) adalah kecepatan sel darah merah berpresipitasi atau mengendap dalam jangka waktu 1 jam. Nilai LED mencerminkan ukuran cepatnya darah mengendap. Makin banyak sel darah merah yang mengendap maka nilai LED akan semakin meningkat. Peningkatan nilai LED tidak spesifik hanya terjadi pada satu penyakit saja. Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan peningkatan nilai LED, yaitu:

Penyakit infeksi

Penyakit keganasan/kanker

Terjadi reaksi peradangan di tubuh

Pasien anemia/kurang darah

Orang normal : orangtua, perempuan, wanita hamil

Nilai LED tinggi dapat terjadi pada orang normal, dan sebaliknya seseorang yang menderita penyakit dapat memiliki nilai LED yang normal. Oleh sebab itu pemeriksaan ini tidak dapat berdiri sendiri dan hanya merupakan pemeriksaan penunjang setelah dilakukan wawancara dan pemeriksaan fisik oleh dokter.

Pada kondisi ayah anda kemungkinan penignkatan LED terjadi akibat infeksi TB yang dideritanya. Namun apabila sudah tidak ada keluhan dan rontgen dinyatakan bersih atau sudah tidak aktif. Maka nilai LED yang tinggi tersebut dapat diabaikan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu. 

0 Komentar

Belum ada komentar