Sukses

Mengatasi Masalah Insomnia
01 Jan 2020, 15:39 WIB
Pria, 25 tahun.

mau tanya dok, untuk waktu tidur dimulai jam 6 sore sampai sekitaran jam 12 atau jam satu pagi itu bermasalah gak dok? setelah jam satu saya selalu mengalami kesusahan untuk tidur lagi. apakah akan berakibat pada kesehatan? trimakasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Jam tidur yang baik adalah hingga jam 6 pagi, sehingga untuk jumlah waktu ideal tidur 7-8 jam dimulai pukul 10 malam kira-kira. Sebaiknya tidak tidur dibawah jam 9 malam karena berpotensi terbangun tengah malam dan kesulitan untuk tidur. Jika mengalami kesulitan tidur anda bisa melakukan tips dibawah ini:

1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari

2. Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol,narkotik, dsb.

3. Cobalah mengatur pola tidur

4. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.

5. Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur.

6. Buat diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, televisi, dsb.

7. Tidur di ruangan gelap lebih baik daripada ruangan terang.

8. Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur. Sebaiknya anda hentikan penggunaan obat yang biasa anda konsumsi, karena kandungan dari obat tersebut dapat menyebabkan ngantuk.

9. Relaksasi

10. Buat diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga.

11. Berpikir positif.

12. Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan sudah dapat mengatasi gangguan tidur Anda.Tetapi tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah ada masalah pada fisik yang mendasari penyebab dari susah tidur pada Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar