Sukses

Vitamin Untuk Penderita Hipertiroidisme

01 Jan 2020, 15:47 WIB
Wanita, 22 tahun.

Vitamin apa yang cocok untuk penderita hipertiroidisme

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai penyakit hipertiroidisme. 

Hingga saat ini belum ada vitamin yang secara khusus dapat menyembuhkan atau membantu penyembuhan penyakit tiroid. 

Berikut adalah pilihan terapi bagi penderita hipertiroidisme:

1. Pemberian obat anti-tiroid

Obat anti-tiroid, seperti methimazole dan propylthiouracil (PTU), bekerja dengan cara menghentikan produksi hormon tiroid di kelenjar tiroid. Obat ini umumnya dikonsumsi setidaknya selama 1–2 tahun untuk mengontrol kondisi hormon tiroid.

2. Iodine radioaktif

Prinsip pengobatan dengan iodine radioaktif adalah menghancurkan sel yang aktif di kelenjar tiroid dengan menggunakan zat radioaktif. Pengobatan ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan wanita yang sedang merencanakan kehamilan.

3. Operasi

Bila pengobatan yang lain sudah dilakukan dan belum bisa mengatasi hipertiroidisme, maka operasi pengangkatan kelenjar tiroid perlu dipertimbangkan. Operasi ini pasti dapat mengatasi hipertiroidisme, namun juga pasti akan menyebabkan komplikasi berupa hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroid).

Oleh karena itu, orang yang menjalani operasi pengangkatan seluruh kelenjar tiroid harus mengonsumsi obat subtitusi hormone tiroid (levotiroksin) seumur hidup.

Untuk vitamin yang diperbolehkan adalah vitamin yang dapat menjaga daya tahan tubuh seperti vitamin C, vitamin B maupun kalsium.

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar