Sukses

Lutut Terasa Nyeri

01 Jan 2020, 09:57 WIB
Wanita, 50 tahun.

Dokter...saya jatuh terpeleset posisi jatuh kaki kanan nekuk kaki kiri mengenai tembok, telapak kaki terasa nyeri, ketika berjalan kaki tidak terasa sakit. setiap hari saya naik turun tangga dan setelah 2 bulan lutut terasa nyeri, apa yang harus saya lakukan dok.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai lutut terasa nyeri melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, apakah ada kemerahan dan bengkak disekitar lutut? Apakah ada rasa kaku terutama pada pagi hari? Apakah nyerinya terus-menerus? Apakah nyeri hanya saat naik turun tangga?

Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Selain itu bisa saja nyeri pada lutut berasal dari tempat lain, karena adanya persarafan yang saling berhubungan satu sama lain. 

Penyebab nyeri lutut yang paling sering terjadi adalah infeksi, peradangan dan juga cedera. Selain itu berat badan juga dapat mempengaruhi nyeri lutut. Karena berat badan yang berlebih dapat membuat lutut bekerja lebih keras untuk menopang berat tubuh.

Dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga mungkin pemeriksaan penunjang seperti rontgen ataupun CT-scan untuk dapat mengetahui penyebab pasti pada nyeri lutut. Jika lutut terasa semakin nyeri dan lebih intens, kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter. Untuk sementara Anda dapat mengurangi aktifitas dulu agar lutut juga dapat beristirahat, mengkompres lutut yang nyeri dengan air es, dan bisa mengkonsumsi obat anti nyeri untuk menghilangkan rasa sakit. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai lutut terasa nyeri, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar