Sukses

Anak Langsung BAB Setelah Makan

01 Jan 2020, 08:52 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok, saya mau tanyakan , anak saya selesai makan apa saja langsung BAB, itu kenapa Dok, solusinya bagaimana dok,, tolong yea Dok? terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima Kasih telah bertanya mengenai anak langsung BAB setelah makan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Normalnya, makanan yang masuk akan dicerna terlebih dahulu dan baru bisa dikeluarkan sekitar 3 - 5 jam setelahnya.  Buang air besar (BAB) adalah bagian dari sistem pembuangan tubuh, dimana akan dikeluarkan feses atau kotoran yang mengandung sisa pencernaan dari saluran gastrointestinal Anda. Pencernaan akan bermula di mulut saat Anda mengunyah makanan, serta berakhir pada usus besar (bagian bawah saluran pencernaan Anda). Saat makanan yang Anda konsumsi mencapai akhir dari saluran pencernaan, sisa air dan garam akan kembali diserap tubuh, sementara sisanya akan memadat serta keluar tubuh sebagai feses. 

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi BAB seseorang, yaitu pola makan, konsumsi cairan, usia, aktifitas fisik dan penyakit tertentu. Anak - anak bisa jadi sangat aktif karena memang merupakan kebutuhannya untuk mengenal lingkungan sekitar dalam masa tumbuh kembangnya. Hal ini membuat gerakan peristaltik dalam usus menjadi aktif dan memperlancar BAB. Tapi Anda juga harus waspada terhadap penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya sering BAB, seperti peradangan di perut, intoleransi makanan dan IBS ( irritable bowel syndrome). Buang air besar setelah makan merupakan hal yang normal terjadi. Tapi bila terlalu sering juga sebaiknya Anda membawa anak anda untuk berkonsultasi dengan dokter anak agar diketahui penyebab sering BAB setelah makan yang dialami anak Anda.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar