Sukses

Penyebab Mengompol pada Dewasa
30 Dec 2019, 14:07 WIB
Pria, 24 tahun.

Salam dokter. Kira-kira dalam rentang waktu 1 1/2 bulan ini, saya sudah dua kali kencing saat tidur (ngompol) di malam hari. Apakah saya menderita suatu penyakit tertentu? Apakah berbahaya? Dan bagaimana menyembuhkannya? Terima kasih dokter.

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Pada dasarnya, kebutuhan untuk buang air kecil seharusnya dapat dikontrol oleh orang dewasa, pada saat tidur di malam hari sekalipun. Jika mengompol terjadi pada dewasa, bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Stress incontinence

Pada kondisi ini, mengompol dipicu oleh stress. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan stress bukanlah yang disebabkan oleh banyak pikiran, namun adanya tekanan yang cukup besar di area perut sehingga bisa mendorong keluarnya urin dari saluran kemih. Beberapa hal yang dapat meningkatkan tekanan pada perut seperti batuk, bersin dan tertawa.

  • Urge incontinence

Pada kondisi ini, kontraksi kandung kemih tidak bekerja dengan baik sehingga ketika sedang "kebelet" buang air kecil terasa sulit untuk menahan dan berujung pada mengompol.

  • Mixed incontinence

Pada kondisi ini mengompol dapat disebabkan oleh kombinasi dua faktor di atas.

Jika mengompol terjadi berulang, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi sehingga dapat diperiksa secara keseluruhan dan memperoleh terapi yang tepat.

Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai keluhan Anda, dapat melalui fitur live chat dalam aplikasi Klikdokter.com

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar