Sukses

Terkena Infeksi Jamur

30 Dec 2019, 07:12 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya sepertinya terkena infeksi jamur dok ada beruntusan dekat selangkangan terasa gatal dan ada bagian yg sprti kulit megar

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai terkena infeksi jamur melalui fitur Tanya Dokter. 

Selamat Pagi Sara Puspita, kami memahami kekhawatiran Anda. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya lebih lanjut, Apakah lebih gatal saat Anda berkeringat terutama bagian selangkangan? Apakah ada perubahan warna seperti memerah atau kehitaman pada daerah selangkangan? Apakah kulit sekitar selangkangan seperti bersisik?

Jika jawaban Anda pada pertanyaan diatas adalah Ya, maka kemungkinan besar memang Anda terkena infeksi jamur. Infeksi jamur yang terkena pada daerah selangkangan, kelamin dan anus biasanya disebut dengan istilah tinea cruris.

Tinea cruris ini disebabkan oleh jamur dermatofita yang berkembang diarea tersebut. Penyakit ini bisa menular, biasanya terkena pada orang yang gampang berkeringat, orang dengan berat badan berlebih, sering menggunakan pakaian ketat, dan atlet. 

Gejala yang dapat timbul berupa gatal pada area selangkangan, anus dan sekitar kelamin terutama saat berkeringat, timbul kemerahan yang berbatas tegas, kulit terkelupas atau bersisik, muncul bruntusan sekitar kemerahan. Anda tidak perlu khawatir, karena penyakit ini tidak berbahaya. 

Untuk mengobati penyakit infeksi jamur ini, dokter akan meresepkan obat antijamur untuk Anda. Selain itu, sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan daerah yang terinfeksi yaitu dengan tidak menggunakan pakaian ketat, rajin mengganti pakaian dalam, tidak menggunakan handuk yang sama secara bergantian dengan orang lain dan pastikan area tersebut tetap kering dan bersih. 

Kami sarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan infeksi jamur Anda. Jika masih ada pertanyaan terkait penyakit tersebut, Anda bisa menggunakan layanan Live Chat melalui aplikasi KlikDokter. Demikian yang dapat disampaikan mengenai terkena infeksi jamur, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar