Sukses

Luka punggung pada penderita stroke

27 Dec 2019, 10:02 WIB
Wanita, 54 tahun.

Selamat malam . . . Mau tanya . . Kalau luka di punggung belakang obatnya apa ya dok (karna stroke) Terimakasih . .

Terima kasih telah bertanya mengenai luka punggung pada penderita stroke melalui fitur Tanya Dokter.

Luka di bagian punggung pada penderita stroke disebut Ulkus Dekubitus. Ulkus dekubitus, yang juga dikenal dengan istilah bedsore atau pressure ulcer, merupakan kondisi di mana terjadi cedera pada kulit dan jaringan di bawah kulit akibat tekanan yang berlebihan pada kulit. Ulkus dekubitus paling sering terjadi pada kulit yang melapisi area bertulang pada tubuh –seperti tumit, pergelangan kaki, pinggul, dan bokong.

Orang yang paling berisiko mengalami ulkus dekubitus adalah mereka yang memiliki kondisi medis tertentu yang membuat kemampuan mereka untuk mengubah posisi tubuhnya terbatas. Mereka yang menghabiskan sebagian besar waktu di tempat tidur atau di kursi dengan pergerakan terbatas juga berisiko mengalami hal ini.

Penanganan ulkus dekubitus biasanya melibatkan upaya mengurangi tekanan pada bagian tubuh yang terlibat, merawat luka, mengatasi rasa nyeri, mencegah terjadinya infeksi, dan menjaga asupan nutrisi yang baik.

Pendekatan dari berbagai aspek perawatan luka membutuhkan tim multi-disiplin dalam penanganannya. Beberapa langkah penanganan ulkus dekubitus adalah:

  • Menurunkan tekanan. Langkah pertama menangani ulkus dekubitus adalah dengan mengurangi tekanan dan friksi pada bagian tubuh yang terlibat.Beberapa strategi yang dapat dijalani adalah melakukan pergantian posisi setidaknya setiap jam saat duduk dan setiap dua jam saat berbaring di tempat tidur. Selain itu, dapat digunakan pula bantalan untuk menurunkan tekanan pada bagian tubuh tertentu.
  • Membersihkan dan merawat luka. Penanganan ulkus dekubitus bergantung pada kedalaman luka yang dialami. Secara umum, membersihkan dan merawat luka mencakup proses perawatan dengan cairan salin dan menggunakan perban.
  • Mengangkat jaringan yang rusak. Untuk membantu proses penyembuhan, jaringan yang luka dan terinfeksi biasanya harus diangkat. Hal ini dapat dilakukan melalui beberapa cara, termasuk membersihkan luka dengan air atau mengangkat jaringan yang rusak.
  • Pengobatan. Beberapa jenis terapi obat-obatan dapat diberikan untuk mengurangi rasa nyeri atau mengatasi infeksi.Pembedahan. Ulkus dekubitus yang besar dan tidak dapat diatasi dengan metode penanganan lainnya bisa jadi membutuhkan prosedur pembedahan.

Pencegahan Ulkus Dekubitus

Ulkus dekubitus dapat dicegah dengan beberapa cara, seperti:

  • Sering-sering mengubah posisi untuk menghindari tekanan yang berlebih dan terus-menerus pada bagian tubuh tertentu.
  • Strategi lain yang dapat diterapkan adalah menjaga kesehatan kulit, menerapkan asupan nutrisi dan cairan yang mencukupi, menghindari merokok, mengendalikan stres dengan baik, serta berolahraga secara rutin.
  • Pertimbangkan beberapa hal terkait mengubah posisi, yaitu mencoba untuk melakukan ganti posisi setidaknya setiap jam saat duduk di kursi roda. Coba juga mencari kursi roda yang fleksibel dan dapat dimiringkan.
  • Pilih juga bantalan atau seprai yang membantu mengurangi tekanan pada bagian tubuh tertentu. Lakukan pula mengangkat sandaran ranjang di area bagian kepala sekitar 30 derajat.
  • Selain itu, disarankan untuk menjaga kebersihan dan kulit tetap kering, serta memeriksa kulit secara rutin untuk melihat adanya tanda-tanda ulkus dekubitus.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel lain sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar