Sukses

Susah BAB Setelah Minum Obat Diare

26 Dec 2019, 23:02 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saya mau tanya. Saya menderita diare beberapa hari yang lalu, kemudian saya minum obat entrostop untuk menghentikan diare. Setelah itu diare saya berhenti, namun 3 hari setelahnya malah sembelit. Gak bisa bab. Lalu saya coba minum vegeta herbal. Sekarang sudah bisa bab, tapi kenapa tekstur tinja berbeda dari biasanya. Lebih lunak dan agak tipis. Mungkinkah pengaruh minum vegeta herbal, dok?

Terima kasih telah bertanya tentang susah BAB setelah diare melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai konstipasi pasti sangat mengganggu Anda.

Sulit BAB karena konsistensinya yang lebih keras disebut juga dengan konstipasi, dalam istilah awam dikenal dengan sembelit. Konstipasi/sembelit adalah keadaan jarangnya frekuensi buang air besar (BAB), penurunan frekuensi gerakan usus, BAB keras dan sulit. Jika BAB keras dipaksakan dengan cara mengedan maka dapat terjadi iritasi pada daerah sekitar lubang dubur sehingga dapat timbul perdarahan. Jangan mengedan terlalu keras.

Konstipasi pasca meminum obat diare memang kerap kali terjadi. Pada umumnya penyebabnya adalah pada kesalahan dosis. Namun, untuk mengatasinya bukan berarti harus segera mengkonsumsi obat laksatif atau pencahar. Obat-obat ini hanya digunakan sebagai cara terakhir, jika cara-cara dibawah ini tidak berhasil. 

Hal yang Anda perlu lakukan saat ini adalah mencegah terjadinya konstipasi:

Makan makanan yang tinggi kadar seratnya. Makanan yang mengandung banyak serat, akan membantu tubuh membentuk tinja yang lebih lunak. Jenis makanan tersebut, diantaranya adalah kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Hindari atau kurangi makanan yang tidak atau hanya sedikit mengandung serta, seperti keju, daging, dan makanan yang mengalami pemrosesan (misalnya diasap). Sebaiknya jumlah konsumsi makanan tinggi serat ini dilakukan secara bertahap, awalnya hanya sedikit, lalu ditingkatkn sedikit-sedikit. Hal ini perlu dilakukan karena jka saluran cerna belum terbiasa dengan serat yang dimakan, justru akan menimbulkan keluhan kembungBerolahraga secara teratur. Aktivitas fisik akan membantu menstimulasi aktivitas usus.Asupan cairan yang cukup. Minum air atau cairan lain dalam jumlah cukup akan membantu melunakkan tinjaJangan menunda dilakukannya BAB.Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun tidak ada perbaikan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk ditelusuri lebih lanjut penagananan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai konstipasi setelah diare. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar