Sukses

Anak Rewel Setelah MPASI apa Penyebabnya?

26 Dec 2019, 23:20 WIB
Wanita, 27 tahun.

Malem dok... Anak sya 6 bulan smnjak mpasi udh 3 hari stiap mlm sblm tdr selalu nangis histeris yg susah di tenangin dok,, berenti" pas udh cape lalu tidur.. tp sbntr psti nangis lg tidurin nangis lg bisa smpe 3x nidurin di baru tidur nyenyak. Itu knp ya dok apa ada yg skit ato knp gtu soalnya ga biasanya, apa ada hubngn'y dgn mpasi?

Terima kasih telah menggunakan layanan tanya dokter terkait masalah Mpasi

Sayang sekali informasi yang diberikan belum lengkap untuk kami dapat melakukan analisa penyebab keluhan. Apa menu MPASI yang diberikan? Bagaimana teksturnya? Berapa kali frekuensi makan anak saat ini? Informasi-informasi ini diperlukan untuk menggali lebih dalam keluhan yang dialami.

Penting untuk diketahui Pemberian MPASI pada anak harus dilakukan secara bertahap. Dimulai dari yang paling halus sampai dengan pengenalan makanan padat seperti nasi atau biskuit. Anak mulai diperkenalkan kepada MPASI memasuki bulan ke-7 (sudah genap 6 bulan). MPASI yang pertama kali diberikan umumnya disarankan bubur susu, bubur dari sumber-sumber karbohidrat maupun puree buah. Pada bulan pertama MPASI, targetnya adalah pengenalan rasa, sehingga menu yang disajikan ialah menu tunggal dalam 1 kali makan, misalnya bubur beras merah saja atau puree pepaya saja. Selain itu, karena ini masih tahap pengenalan, jangan heran kalau memang porsinya masih sangat sedikit, hanya sekitar 2-3 sendok teh orang dewasa. Pada tahap MPASI, gunakan aturan 4 hari yaitu mengenalkan 1 macam makanan baru selama 4 hari berturut-turut sebelum mengenalkan makanan baru lainnya. Tujuannya selain agar anak mengetahui rasanya, juga untuk melihat apakah ada reaksi alergi terhadap makanan tersebut.

Anda juga dapat membaca beberapa artikel berikut sebagai bahan referensi

https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700804/perhatikan-hal-ini-saat-memberi-mpasi

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3608276/sebelum-memberi-mpasi-pada-bayi-pahami-6-hal-ini

https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2701005/perhatikan-jumlah-dan-komposisi-mpasi-bayi-anda

 

Demikian penjelasan dari kami  terkait masalah Mpasi. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar