Sukses

Saturasi O2 dalam Tubuh

24 Dec 2019, 20:21 WIB
Wanita, 44 tahun.

Jika o2 dlm tubuh 92, apakah berbahaya? Dan apa resikonya? N bgm penanganya?krn sy srg sesak, pny asma dan bronchitis akut 😢😢😢

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai saturasi O2 dalam tubuh melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk mengetahui saturasi O2 dalam tubuh biasanya dilakukan pengukuran dengan oxymetry. Nilai normal dari pemeriksaan tersebut adalah sekitar 95 - 100%. Berdasarkan data yang Anda berikan, kadar saturasi oksigen dalam tubuh Anda rendah, sehingga ini yang dapat membuat Anda sering merasa sesak napas. Hal ini dapat dipengaruhi oleh keadaan Anda yang memiliki asma dan bronchitis. Sebaiknya tidak dibiarkan secara terus - menerus keadaan saturasi oksigen dibawah normal seperti ini karena akan berakibat buruk bagi kesehatan. Karena dapat menyebabkan keadaan hipoksia, yaitu kekurangan oksigen dalam tubuh sehingga organ - organ penting seperti hati dan otak dapat mengalami kerusakan. 

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis paru untuk dapat dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang sesuai. Demikian yang dapat disampaikan mengenai saturasi O2 dalam tubuh, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar