Sukses

Keputihan yang Berlebih
23 Dec 2019, 07:19 WIB
Wanita, 24 tahun.

Halo dokter. Saya mw nanya Saya mengalami keputihan berlebihan Dan mengakibatkn selangkangan saya gatal dan luka akibat saya garuk" Jdi saya beli obat di apotek Berupa pil mereknya fluconazole Dan salapnya benoson-m Kira" gmna ya dokter Cocok gak obat ini untuk dikonsumsi Dengan penyakit yg saya alami Terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai keputihan yang berlebih melalui fitur Tanya Dokter.

Keputihan merupakan hal yang umum terjadi pada wanita. Ini merupakan cairan yang keluar dari vagina sebagai bentuk pertahanan agar vagina tetap bersih dan tidak kering. Normalnya keputihan tidak berwarna atau bening, tidak berbau dan juga tidak gatal. Biasanya keputihan muncul pada saat wanita mengalami masa subur sebelum menstruasi dan setelah menstruasi. Di dalam vagina setiap wanita terdapat flora normal yang tugasnya menjaga vagina agar terhindar dari infeksi. Jika terjadi perubahan ekosistem dari vagina, maka timbullah keputiihan yang tidak normal. Bila terjadi perubahan warna dan tekstur pada keputihan, mengeluarkan bau yang amis dan menyebabkan gatal, maka itu merupakan tanda adanya infeksi bakteri atau jamur di dalam vagina dan harus diobati. Penyakit tersering yang menyebabkan keputihan abnormal adalah:

1. Candidiasis https://www.klikdokter.com/penyakit/candidiasis

 Ini merupakan keputihan yang disebabkan oleh jamur. Cairan keputihannya berupa putih pekat, kental, bisa menggumpal       seperti keju, menyebabkan gatal dan kadang membuat perih. Hal ini terjadi karena terlalu banyak ragi yang tumbuh akibat   terganggunya keseimbangan dalam vagina.

2. Vaginosis Bakterialis https://www.klikdokter.com/penyakit/vaginosis-bakterialis

 Ini merupakan penyakit yang paling sering terjadi pada wanita dan menyebabkan keputihan. Keputihannya umumnya kental, sangat banyak, berwarna putih keabu-abuan, berbau amis dan gatal. Hal ini terjadi karena tumbuhnya bakteri yang berlebih di vagina sehingga menyebabkan pH dalam vagina menjadi tidak normal. 

Untuk mengetahui jenis keputihan yang Anda alami, sebaiknya dengan berkonsultasi langsung dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan yang tepat untuk mengetahui apakah keputihan yang Anda alami karena bakteri atau jamur dan dapat diberikan pengobatan yang pas. Seharusnya Anda tidak langsung membeli obat di apotek tanpa resep dokter karena obat tersebut harus dengan resep dokter, dikonsumsi dengan pengawasan dokter dan memiliki efek samping. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai keputihan yang berlebih, semoga bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan lanjutan seputar keluhan tersebut, Anda bisa menggunakan layanan Live Chat pada aplikasi KlikDokter. Terima Kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar