Sukses

Gatal di Lipatan Tubuh

22 Dec 2019, 22:01 WIB
Pria, 47 tahun.

Kulit sy di selangkangan, tengkuk, pantat, ketiak, sela jari kaki dan dibeberapa tempat terserang gatal yg tak terperi.sdh belasan tahun sy obati dg mikoreks, cap 19 ataupun obat kalpanax.sembuh beberapa hari dg kulit yg mengelupas, namun beberapa hari kemudian timbul lagi.mohon bantuanx dan obat apa yg paling cocok utk penyakit sy?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Gatal-gatal di lipatan tangan maupun kaki merupakan salah satu gejala dari alergi yaitu dermatitis atopi. Hal ini dapat disebabkan oleh keringnya kulit, iritasi oleh sabun, detergen, pelembut pakaian, dan bahan kimia lain, alergi atau intoleransi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap tungau debu, serbuk sari tanaman, atau bulu hewan, dan virus serta infeksi lain. Yang harus Anda lakukan adalah menghindarai pajanan alergi tersebut, entah debu, dingi, atau makanan yang menyebabkan Anda galat-gatal.

Namun di lipatan kulit juga daerah paling rentan untuk terinfeksi jamur. Gejala penyakit jamur yang harus kita perhatikan, pertama kulit kelihatan memerah, terasa sangat gatal, dan lama-lama akan melebar. Biasanya jamur kulit memang menginfeksi daerah yang lembab dan kurang terjaga kebersihannya. Apalagi pada anak yang sudah sangat aktif bergerak. Cara mengatasi infeksi jamur kulit sebenarnya mudah, tapi memerlukan perhatian khusus. Pertama, kulit yang terinfeksi harus dijaga kelembabannya dan jangan dibiarkan lama basah oleh keringat, jangan memakai pakaian terlalu ketat, sering ganti pakaian jika sudah terasa basah oleh keringat. Biasanya dengan begitu, keluhan akan berkurang perlahan.

Apabila Anda sudah melakukan hal tersebut namun gatal masih tetap dirasakan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar mendapat penanganan yang sesuai.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar